Rabu, 09 Juli 2014

Menyelesaikan masalah dengan teman

Kembali ngegalau karena temen-_-
Galau mode on..
Ahtapi,ngapain coba ngegalau terus gara gara temen ?
Hha kesel banget-_-Tapi terkadang feeling kita kalau mau bales dendam sama sahabat tuh gini :
emang berlebihan,tapi emang kerasanya gituu minna hhaha tapi ga gitu gitu juga balas dendamnya--"
lagian sekarang aku udah SMP kelas 7...Masih muda yah?Iya muda._.tapi usia mental ga semuda itu,meskipun usia mental aku 20han,tapi kesabaran ada batasnya bukan?:)
Tapi minna,kalau mau end masalahnya sama temen...Sebaiknya gini ya,


1)Pertamatama,perhatikan temanmu itu...

Ya perhatikan mereka...Kita harus liat mereka,nguping,dll.
Tapi jangan sampai ketahuan,kenapa?Nanti respon mereka biasanya : "Ngapain kamu ngintip-ngintip?" kalau kita tidak punya alasan,jadinya malu sendiri kan...Jadi kita dengerin pembicaraan teman...Siapa tau dia cerita tentang kesalahan kita ke orang lain...Nah itu bisa dijadiin senjata saat debat sama dia.


2)Lihat ke diri kita sendiri.
 Ngaca,iya ngaca kalau istilahnya...Liat ke diri kita sendiri,perhatiin kita itu salah apa sih sama dia/mereka?Nah kalau kita udah ketemu...Kita juga harus liat,apa mereka/dia punya salah sama kita?Kalau hanya kita yang salah...Apa gunanya buat balas dendam?Kalau mau ending damai,kalian juga harus omongin baik-baik...Tentang kesalahan kamu,dan temanmu itu.


3)Berpikir,dan siapkan banyak alasan.
Jangan sampai teman kalian mempermalukan kalian karena kalian kalah bicara...Cobalah kalian berpikir,apa yang membuat kalian marah dengan temanmu...Nih aku contohin:
T=teman,K=kamu ;
T :"Kamu itu nyebelin banget...Kamu suka mukul aku,kan sakit!"
Gunakan logika kalian!!Jangan langsung speechless karna bingung mau jawab apa,inget ini...Segala sesuatu pasti ada alasan,mukul = karena kesel/apa...Iya ngga?
K :"Ya aku mukul kamu gara gara aku kesel...Aku gaakan mukul kamu kalau kamu ga bikin aku kesel sampai gitu tuh kamu keterlaluan..."
Bener kan:)?Tapi kalau dia jawab ;
T :"Yatapi gausah mukul juga!!"
Kasih respon yang sama..
K :"Kamu juga jangan bikin kesel!!"
See?:))Use your logic minna:)



4)Selesaikan dengan damai.
 
 Jangan sampai berantem...JANGAN!Masalahnya akan lebih jauh lagi,jadi selesaikan dengan damai...Endingnya bilang gini : 
K :"Yaudah deh,aku ngaku aku salah...Maafin aku ya!"
Mungkin dia akan maafin kamu dan dia minta maaf juga...Dan jangan malu buat handshake(salaman)!Abis itu...Terserah kalian,mau lanjut sahabatan atau ga,kalau kalian udah muak...Maafin aja,tapi kalian hanya sebatas teman,bukan sahabat lagi:)gituu...





Nahh,itu tips dari aku:)Jadi usahain kalian selesaikan masalah apapun dengan logika,itu lebih baik daripada pake otot:)Hanya menggunakan pikiran,iya kan?^ ^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar